BAB I
PENDAHULUAN
a)
Latar
Belakang
Pembelajaran adalah menciptakan suatu kondisi lingkungan pembelajar yang
memungkinkan mereka melakukan kegiatan belajar. Menurut Nana Sudjana Kegiatan Proses Belajar dan Mengajar meliputi 3
tahapan, Tahap Pra Instruksional Yaitu tahap yang ditempuh pada saat memulai sesuatu proses
belajar mengajar, yaitu:Guru menanyakan kehadiran siswa, Tahap Instruksional yaitu tahap pemberian bahan ajar, Tahap Evaluasi dan Tindak Lanjut
tahapan ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat keberhasilan dari tahapan kedua (instruksional) yaitu
memberikan soal ataupun memberikan pekerjaan rumah. Pembelajaran identik dengan ruangan kelas, tetapi seiring dengan kebutuhan
dan perkembangan zaman maka terjadilah perubahan dan inovasi dalam
pembelajaran. Apa itu Inovasi?
menurut Rogers: "Inovasi adalah suatu ide, praktek,
atau proyek yang dianggap baru oleh individu atau unit adopsi lain". Contoh dari Inovasi adalah dengan E-
Learning, Web-Learning, Mobile Learning, Social Network Learning. Survei kali
ini dilakukan kepada responden Mahasiswa Teknologi Pendidikan Non Reguler 2010
Universitas Negeri Jakarta yang dalam mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan
Interaksi, Komunikasi, Tanya Jawab dilakukan dengan media social Networking
(Facebook) yang memanfaatkan Grup kelas. Hal ini tentu saja merupakan sesuatu
hal yang baru bagi Penulis tetapi, bagaimana dengan Mahasiwa yang lain?
b) Perumusan Masalah.
A.
Berapa
persentase mahasiswa yang sudah merespon dan belum merespon Pertanyaan di Grup DIP NR ?
B.
Berapa
Persentase Mahasiswa memilih “ Yes”(Setuju) bahwa Grup DIP NR merupakan sebuah
Inovasi, “ No” (Mahasiswa yang belum merespon) dan “Yes-No”
C.
Berapa
Persentase Alasan-Alasan Mahasiswa yang memilih “ Yes” terhadap Grup DIP NR ?
c)
Tujuan Survei
Survei ini betujuan untuk mengetahui berapa persentase
Mahasiswa yang aktif di dalam Grup DIP NR, Mengetahui apakah Pembelajaran
dengan menggunakan social Network merupakan Pembelajaran yang inovatif bagi
Mahasiswa Teknologi Pendidikan Non Reguler 2010, Apakah alasan mahasiswa yang
menganggap ini merupakan inovasi.
d) Manfaat
Hsil Survei
Mengetahui Tindak Lanjut
dari hasil yang diperoleh. Apabila Sebagian besar Mahasiswa Setuju dengan
Pembelajaran lewat social Network maka Grup DIP NR masih tetap dilanjutkan.
e) Responden
Mahasiswa Teknologi Pendidikan Non Reguler 2010
Universitas Negeri Jakarta yang mengikuti Mata Kuliah Difusi Inovasi Pendidikan
yang diampu oleh Bapak Prof. Dr. Bp.Sitepu dan Ibu Retno Widyaningrum,S.Ikom.
f) Teknik
Survei
Meanganalisis data yang diperoleh dari
Komentar Responden.
HASIL SURVEI
Berikut adalah data yang
diperoleh Penulis
Jumlah Responden : 35
Jumlah Mahasiswa yang
merespon : 32
Mahasiswa Jumlah Mahasiswa
yang belum merespon : 3 Mahasiswa
persentase mahasiswa yang sudah merespon
dan belum merespon Pertanyaan di Grup
DIP NR ?
Setelah Mendapatkan data Mahasiswa yang merespon,
kemudian Penulis kembali melakukan analisis data Mahasiswa yang telah merespon
pertanyaan yang telah diberikan oleh
Dosen.
Kemudian, Penulis mengelompokkan alasan yang diberikan
oleh Responden. Kemudian melakukann perhitungan. |
Penjelasan lebih lanjut Penulis akan menjelaskannya di Bab Pembahasan.
BAB II. PEMBAHASAN
Social
Network merupakan sesuatu yang sedang digandrungin oleh masyarakat. Bukan hanya
dari kalangan remaja, orang dewasa dan juga anak-anak. Sekarang, hampir semua
orang memiliki social network, bahkan satu orang yang memilik lebih dari satu.
Social Network yang paling populer adalah Facebook. Hampir semua Mahasiswa
memiliki Facebook. Semua Mahasiswa Teknologi Pendidikan Non Reguler 2010
memiliki Facebook, Facebook dijadikan sebagai media komunikasi, informasi dan
eksistensi.
Hal
itu dimanfaatkan oleh dosen mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan yaitu Prof
Sitepu dan Ibu Retno untuk menjadikan Facebook sebagai sarana Pembelajaran,
komunikasi, Interaksi dan diskusi antara Dosen dan Mahasiswa. Apakah semua
Mahasiswa menganggap hal ini sebagai Inovasi?, Apakah semua Mahasiswa merespon
pertanyaan dari dosen? Apakah Alasan yang diberikan oleh Mahasiswa dalam
menjawab pertanyaan dari Dosen?
Pertanyaaan
yang telah diberikan oleh Dosen adalah “ Apakah Grup DIP NR merupakan hal yang
inovasi bagi anda? Pilih “ Yes” apabila
anda setuju, pilih “No” apabila anda tidak setuju, atau “ Yes dan No”. Kemudian Mahasiswa merespon pertanyaan
tersebut dengan pendapat masing-masing. Walaupun belum semua mahasiswa
merespon.
Data yang
diperoleh Penulis :
Jumlah Responden : 35 Mahasiswa
Jumlah Mahasiswa yang merespon : 32 Mahasiswa
Mahasiswa Jumlah Mahasiswa yang belum merespon : 3 Mahasiswa
Penjelasan:
Hampir sebagian besar mahasiwa Teknologi Pendidikan Non Reguler 2010 yang ada
di Grup DIP NR memberikan Respon dari pertanyaan yang diberikan dosen. Jumlah
Mahasiswa yang merespon 32 Mahasiswa dengan persentase 91%, ada juga Mahasiswa
yang belum merespon yaitu sebanyak 3 Mahasiswa dengan persentase 9%. Dari data
di atas maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar Mahasiswa TP NR 2010 yang
mengikuti mata kuliah ini memiliki antusias yang tinggi.
Setelah
mendapatkan data Mahasiswa yang merespon, kemudian Penulis menganalisis jawaban
yang dipilih oleh Responden.Apakah Pembelajaran yang dilakukan di Facebook
merupkan suatu Inovasi ? Apakah memilih
“Yes”, “No”, atau “Yes dan No”.
Data yang
diperoleh ;
Jumlah Mahasiswa yang
merespon : 32 Mahasiswa
Mahasiswa yang memilih “Yes”
: 26 Mahasiswa
Mahasiswa yang memilih “No”
( belum merespon ) : 5 Mahasiswa
Mahasiswa yang memilih “ Yes
dan No” : 2 Mahasiswa
Penjelasan : Sebagian besar Responden menganggap
Pembelajaran dengan menggunakan Facebook merupakan sesuatu yang Inovatif. Terdapat
berbagai macam alasan yang dikemukakan oleh Responden. Meski masih terdapat
responden yang belum memberikan respon terhadap pertanyaan yang telah diberikan
dosen.
Kemudian Penulis melakukan Analisis terhadap alasan
yang telah diberikan oleh Responden.
Data yang diperoleh :
Menggunakan social Network
sebagai Media pembelajaran : 29 Mahasiswa
Memanfaatkan media
elektronik : 1 Mahasiswa
Menggunakan prinsip TP : 2
Mahasiswa
Penjelasan : Dari data diatas dapat dilihat bahwa
sebagian besar Mahasiswa menganggap sesuatu yang baru adalah merupakan Inovasi,
Sebagian besar Mahasiswa memilih Pembelajaran dengan memanfaatkan Facebook
merupakan Inovasi. Memang sebelumnya Mahasiswa Teknologi Pendidikan identik
dengan E-Learning ataupun Web-Learning. Tetapi, Dosen yang memanfaatkan social
Network sebagai media Pembelajaran baru ada di Mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan.
Kesimpulan :
Mahasiswa Teknologi Pendidikan Non Reguler 2010 sangat
antusias dengan Pembelajaran yang dilakukan dengan media social Network, hal
itu dapat dilihat dari persentase Mahasiswa yang merespon sudah 91 %, Mahasiswa
juga sudah memiliki Facebook, Mengakses Facebook dapat dilakukan di Handphone,
jadi Mahasiswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Sebagian besar
Mahasiswa menganggap hal ini merupakan suatu yang Inovasi.
0 komentar:
Posting Komentar