Learning Mix Facebook. Agree or No?

Minggu, 11 Maret 2012


BAB  I  PENDAHULUAN

a)        Latar Belakang

          Pembelajaran adalah menciptakan suatu kondisi lingkungan pembelajar yang memungkinkan mereka melakukan kegiatan belajar. Menurut Nana Sudjana Kegiatan Proses Belajar dan Mengajar meliputi 3 tahapan, Tahap Pra Instruksional Yaitu tahap yang ditempuh pada saat memulai sesuatu proses belajar mengajar, yaitu:Guru menanyakan kehadiran siswa, Tahap Instruksional yaitu tahap pemberian bahan ajar, Tahap Evaluasi dan Tindak Lanjut  tahapan ini bertujuan  untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari tahapan kedua (instruksional) yaitu memberikan soal ataupun memberikan pekerjaan rumah. Pembelajaran identik dengan ruangan kelas, tetapi seiring dengan kebutuhan dan perkembangan zaman maka terjadilah perubahan dan inovasi dalam pembelajaran. Apa itu Inovasi? menurut Rogers: "Inovasi adalah suatu ide, praktek, atau proyek yang dianggap baru oleh individu atau unit adopsi lain". Contoh dari Inovasi adalah dengan E- Learning, Web-Learning, Mobile Learning, Social Network Learning. Survei kali ini dilakukan kepada responden Mahasiswa Teknologi Pendidikan Non Reguler 2010 Universitas Negeri Jakarta yang dalam mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan Interaksi, Komunikasi, Tanya Jawab dilakukan dengan media social Networking (Facebook) yang memanfaatkan Grup kelas. Hal ini tentu saja merupakan sesuatu hal yang baru bagi Penulis tetapi, bagaimana dengan Mahasiwa yang lain?


b)      Perumusan Masalah.

A.    Berapa persentase mahasiswa yang sudah merespon dan  belum merespon Pertanyaan di Grup DIP NR ?
B.     Berapa Persentase Mahasiswa memilih “ Yes”(Setuju) bahwa Grup DIP NR merupakan sebuah Inovasi, “ No” (Mahasiswa yang belum merespon) dan “Yes-No”
C.     Berapa Persentase Alasan-Alasan Mahasiswa yang memilih “ Yes” terhadap Grup DIP NR ?
c)      Tujuan Survei

Survei ini betujuan untuk mengetahui berapa persentase Mahasiswa yang aktif di dalam Grup DIP NR, Mengetahui apakah Pembelajaran dengan menggunakan social Network merupakan Pembelajaran yang inovatif bagi Mahasiswa Teknologi Pendidikan Non Reguler 2010, Apakah alasan mahasiswa yang menganggap ini merupakan inovasi.

d)     Manfaat Hsil Survei
            Mengetahui Tindak Lanjut dari hasil yang diperoleh. Apabila Sebagian besar Mahasiswa Setuju dengan Pembelajaran lewat social Network maka Grup DIP NR masih tetap dilanjutkan.
e)      Responden
 Mahasiswa Teknologi Pendidikan Non Reguler 2010 Universitas Negeri Jakarta yang mengikuti Mata Kuliah Difusi Inovasi Pendidikan yang diampu oleh Bapak Prof. Dr. Bp.Sitepu dan Ibu Retno Widyaningrum,S.Ikom.

f)       Teknik Survei
           
  Meanganalisis data yang diperoleh dari Komentar Responden.


HASIL SURVEI

Berikut adalah data yang diperoleh Penulis
Jumlah Responden : 35
Jumlah Mahasiswa yang merespon : 32
Mahasiswa Jumlah Mahasiswa yang belum merespon : 3 Mahasiswa


persentase mahasiswa yang sudah merespon dan  belum merespon Pertanyaan di Grup DIP NR ?








    Setelah Mendapatkan data Mahasiswa yang merespon, kemudian Penulis kembali melakukan analisis data Mahasiswa yang telah merespon pertanyaan  yang telah diberikan oleh Dosen.



          Kemudian,  Penulis mengelompokkan alasan yang diberikan oleh Responden. Kemudian melakukann perhitungan.



Penjelasan lebih lanjut Penulis akan menjelaskannya di Bab Pembahasan.

BAB II. PEMBAHASAN


              Social Network merupakan sesuatu yang sedang digandrungin oleh masyarakat. Bukan hanya dari kalangan remaja, orang dewasa dan juga anak-anak. Sekarang, hampir semua orang memiliki social network, bahkan satu orang yang memilik lebih dari satu. Social Network yang paling populer adalah Facebook. Hampir semua Mahasiswa memiliki Facebook. Semua Mahasiswa Teknologi Pendidikan Non Reguler 2010 memiliki Facebook, Facebook dijadikan sebagai media komunikasi, informasi dan eksistensi.
              Hal itu dimanfaatkan oleh dosen mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan yaitu Prof Sitepu dan Ibu Retno untuk menjadikan Facebook sebagai sarana Pembelajaran, komunikasi, Interaksi dan diskusi antara Dosen dan Mahasiswa. Apakah semua Mahasiswa menganggap hal ini sebagai Inovasi?, Apakah semua Mahasiswa merespon pertanyaan dari dosen? Apakah Alasan yang diberikan oleh Mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dari Dosen?
              Pertanyaaan yang telah diberikan oleh Dosen adalah “ Apakah Grup DIP NR merupakan hal yang inovasi bagi anda? Pilih “ Yes”  apabila anda setuju, pilih “No” apabila anda tidak setuju, atau “ Yes dan No”.  Kemudian Mahasiswa merespon pertanyaan tersebut dengan pendapat masing-masing. Walaupun belum semua mahasiswa merespon.
Data yang diperoleh Penulis :
Jumlah Responden : 35 Mahasiswa
Jumlah Mahasiswa yang merespon : 32 Mahasiswa
Mahasiswa Jumlah Mahasiswa yang belum merespon : 3 Mahasiswa

              Penjelasan: Hampir sebagian besar mahasiwa Teknologi Pendidikan Non Reguler 2010 yang ada di Grup DIP NR memberikan Respon dari pertanyaan yang diberikan dosen. Jumlah Mahasiswa yang merespon 32 Mahasiswa dengan persentase 91%, ada juga Mahasiswa yang belum merespon yaitu sebanyak 3 Mahasiswa dengan persentase 9%. Dari data di atas maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar Mahasiswa TP NR 2010 yang mengikuti mata kuliah ini memiliki antusias yang tinggi.
              Setelah mendapatkan data Mahasiswa yang merespon, kemudian Penulis menganalisis jawaban yang dipilih oleh Responden.Apakah Pembelajaran yang dilakukan di Facebook merupkan suatu Inovasi ?  Apakah memilih “Yes”, “No”, atau “Yes dan No”.

      Data yang diperoleh ;
Jumlah Mahasiswa yang merespon : 32 Mahasiswa
Mahasiswa yang memilih “Yes” : 26 Mahasiswa
Mahasiswa yang memilih “No” ( belum merespon ) : 5 Mahasiswa
Mahasiswa yang memilih “ Yes dan No” : 2 Mahasiswa

Penjelasan : Sebagian besar Responden menganggap Pembelajaran dengan menggunakan Facebook merupakan sesuatu yang Inovatif. Terdapat berbagai macam alasan yang dikemukakan oleh Responden. Meski masih terdapat responden yang belum memberikan respon terhadap pertanyaan yang telah diberikan dosen.
Kemudian Penulis melakukan Analisis terhadap alasan yang telah diberikan oleh Responden.
Data yang diperoleh :
Menggunakan social Network sebagai Media pembelajaran : 29 Mahasiswa
Memanfaatkan media elektronik : 1 Mahasiswa
Menggunakan prinsip TP : 2 Mahasiswa

Penjelasan : Dari data diatas dapat dilihat bahwa sebagian besar Mahasiswa menganggap sesuatu yang baru adalah merupakan Inovasi, Sebagian besar Mahasiswa memilih Pembelajaran dengan memanfaatkan Facebook merupakan Inovasi. Memang sebelumnya Mahasiswa Teknologi Pendidikan identik dengan E-Learning ataupun Web-Learning. Tetapi, Dosen yang memanfaatkan social Network sebagai media Pembelajaran baru ada di Mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan.

Kesimpulan :
Mahasiswa Teknologi Pendidikan Non Reguler 2010 sangat antusias dengan Pembelajaran yang dilakukan dengan media social Network, hal itu dapat dilihat dari persentase Mahasiswa yang merespon sudah 91 %, Mahasiswa juga sudah memiliki Facebook, Mengakses Facebook dapat dilakukan di Handphone, jadi Mahasiswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Sebagian besar Mahasiswa menganggap hal ini merupakan suatu yang Inovasi.

SUMBER : 










0 komentar: